SOAL 3
a. Jelaskan hubungan antara Proklamasi – Tujuan Nasional – GBHN!
PANCASILA, UUD 45 dan GBHN : GBHN disusun berdasarkan landasan idiil PANCASILA dan
landasan Konstitusional/struktural UUD 4 5. Dengan demikian GBHN merupakan landasan
oprasionalnya.
b. Jelaskan hubungan antara pasal 3 UUD 45 dengan GBHN!
Landasan hukum GBHN ialah pasal 3 yang menetapkan bah wa MPR menetapkan GBHN.
c. Bagaimana hubungan antara ORBA dengan GBHN?
a. Apakah fungsi PANCASILA dan UUD 45 bagi GBHN?
GBHN disusun berdasarkan landasan idiil PANCASILA d an landasan konstitusional/struktural UUD
45.
b. Dalam kaitan ini apa fungsi GBHN itu sendiri?
GBHN merupakan landasan oprasionalnya.
Terangkan mengenai p engertian, maksud dan tujuan GBHN?
Pengertian: adl suatu haluan negara ttg pembangunan nasional dlm garis-garis besar sbg pernyataan
kehendak rakyat dan y/ hakekatnya merupakan Pola Umum Pembangunan Nasio nal y/ merupakan
rangkaian program pembangunan y/ menyeluruh, terarah, terpadu dan berlangsung terus menerus u/
mewujudkan tujuan nasional.
Maksud: u/ memberikan arah bagi perjuangan bgs INDONESIA dlm mengisi kemerdekaannya.
Tujuan: u/ mewujud kan kondisi y/ diinginkan baik dlm jangka sedang lima tahun maupun dlm jangka
panjang 25 tahun, sehingga bertahap cita-cita b gs seperti y/ tercantum dlm Pembukaan UUD 45 yaitu
masyarakat y/ adil dan makmur dpt terwujud.
a. Bagaimana cara rakyat diikusertakan dalam proses penyusunan GBHN? [hal 72 – 78]
b. Berikan gambaran lengkap mengenai proses penyusunan GBHN Th 73, 78, 83 dan 1988? [hal 72 – 78]
c. Bagaimana proses penyusunan GBHN 1993-1998? [hal 72 – 78]
Mengapa pada periode 1945-1949 INDONESIA tidak memiliki GBHN?
Karena suasana diliputi oleh perjuangan melawan dan mengusir penjajah.
Pada masa ORLA (1959-1965), INDONESIA dikatakan memiliki GBHN. Apa yang dimak sud dengan GBHN
waktu itu?
Pidato Presiden Soekarno tgl 17 Agu stus 19 59 yang berjudul ‘Penemuan Kembali Revolusi Kita’ (The
Rediscovery of Our Revolution) yang dikenal dengan Manifesto Politik.
Pada masa ORBA, khususnya p ada tahun 19 68, MPRS tidak berhasil membuat GBHN.
Mengapa?
Karena persiapan kurang masak dan MPRS hanya berhasil memilih Presiden untuk masa jabatan 1968-
1973 dan mand at untuk melaksanakan PEMILU selambatnya tahun 1971.
Apa respon pemerintah thd pengalaman tsb dalam menghad api SIUM MPR Th 1973?
Presiden mengambil prakarsa untuk membantu MPR dengan menyiapkan bahan GBHN.
a. Kapan INDONESIA mulai memiliki GBHN yang menyeluruh dan terpadu? tahun 1973
b. Kapan INDONESIA mulai memiliki REPELITA? 1 April 1969 – 31 Maret 1974
c. Sebut REPELITA-REPELITA berikutnya lengkap dengan tgl mulai d an berakhirnya!
1/4/1969-31/3/1 974 ; 74-79; 79-84; 84-89; 89-94; 94-99
Bandingkan sistematika GBHN 1988-1 993 dengan GBHN 1993-19 98!
Sistematika GBHN 1988-1993
BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : POLA DASAR PEMBANGUNAN NASIONAL
BAB III : POLA UMUM PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG
BAB IV : POLA UMUM PEMBANGUNAN LIMA TAHUN KELIMA
BAB V : PENUTUP
Sistematika GBHN 1993-1998
BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : PEMBANGUNAN NASIONAL
BAB III : PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG KEDUA
BAB IV : PEMBANGUNAN LIMA TAHUN KEENAM
BAB V : PELAKSANAAN
BAB VI : PENUTUP
GBHN 1993-1998 memp unyai arti khusus dan strategis. Mengapa disebut demikian?
Karena merupakan tahapan pertama pembangunan jangka p anjang 25 tahun kedua dan sekaligus
merintis serta mempersiapkan proses tinggal landas pembangunan nasional sebagai pengamalan
PANCASILA.
Pembangunan nasional yang berdasarkan PANCASILA dan UUD 45 pada hakekatnya ad alah pembangunan
manusia INDONESIA seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat INDONESIA. Terangkan makna
pernyataan itu!
Membang un secara serasi keseluruhan unsur manusia tersebut dengan tidak boleh berat sebelah.
Apakah tujuan pembangunan nasional seperti yang d igariskan GBHN?
Tujuan Pembangunan Nasional mewujudkan masyarakat maju, ad il dan makmur materiil dan spirituil
berdasarkan PANCASILA dan UUD 45 .
Mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spirituil berdasarkan
PANCASILA dan UUD.
Di dalam wadah negara Kesatuan RI yang Merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat.
Dalam suasana perikehidupan b angsa yang aman, tentram, tertib dan d Indonesiamis.
Dalam lingkungan pergaulan dunia yang Merdeka, bersahabat, tertib dan damai.
a. Sebut 11 asas pemban gunan nasional yang dikemukakan GBHN 1993-1998!
- Asas keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME.
- Asas manfaat.
- Asas Demokrasi PANCASILA.
- Asas adil dan merata.
- Asas keseimbangan, keserasian dan keselarasan dalam perikehidupan.
- Asas hukum.
- Asas kemandirian.
- Asas kejuangan.
- Asas ilmu pengetahuan dan teknologi.
b. Sebut 11 MODAS dan 8 faktor domIndonesiannya!
Modal Dasar:
- Kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negara INDONESIA.
- Jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
- Wilayah Nusantara yang luas dan berkedudukan di katulistiwa pada posisi silang.
- Kekayaan alam yang beraneka ragam.
- Penduduk yang besar jumlahnya sebagai SDM yang potensial.
- Rohaniah dan mental yaitu keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME serta falsafah
PANCASILA.
- Budaya bangsa yang telah berkembang sepanjang sejarah bangsa yang b ercirikan kebhinekaan
dan keekaan.
- Potensi dan kekuatan efektif bangsa, yakni segala sesuatu yang bersifat po tensial dan produktif
yang telah menjadi milik bangsa termasuk kekuatan Parpol.
- ABRI sebagai kekuatan HANKAM dan kekuatan SOSPOL yang tumbuh dari rakyat.
Faktor DomIndonesian:
- Kependudukan dan sosial budaya.
- Wilayah yang bercirikan kepulauan dan kelautan dengan lingkungan dan alam tropiknya.
- SDA yang beraneka ragam termasuk flora dan fauna.
- Kualitas manusia d an masyarakat Indonesia.
- Disiplin nasional
- Manajemen nasional.
- Perkembangan regional dan global serta tahanan internasional yang selalu berubah secara
dIndonesiamis.
- KemungkIndonesian pengembangan.
Mengapa kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dikategorikan sebagai modal dasar pertama dan utama dalam
pembangunan nasional?
Karena tanpa mempunyai kedaulatan kita kagak bisa membangun.
Mengapa jumlah penduduk yang sangat besar dianggap sebagai salah satu modal dasar, sedangkan dewasa ini
rakyat dianjurkan mengikuti program KB? Bagaimana upaya kita agar jumlah pendud uk yang besar itu
bermanfaat sebagai modal pembangunan?
Karena SDM adalah pelaku pembangunan, sedangkan KB hanya program kesejahteraan.
a. Apakah sebenarnya hakekat/inti pokok dari konsePancasilai WANUS?
Wawasan Nusantara: wawasan = wawas: pandangan, visie, outlook, atau keyakIndonesian wawasan
yang memandang rakyat, bangsa, negara sebagai satu kesatuan yang utuh.
b. Sebutkan cakupan konsePancasilai WANUS!
(POLEKSOSBUDHANKAM).
Jelaskan pentingnya WANUS d alam pembangunan nasional?
Memperkuat rasa kekeluargaan dan kebersamaan dalam dalam persatuan.
Apa yang dimaksud dengan ZEE?
Wilayah laut sejauh 200 mil dihitung dari garis pangkal wilayah teritorial.
a. Berikan gambaran sejarah mengenai gagasan WANUS!
Berp angkal tolak d ari pengertian Archipelago menurut hukum internasional, yang kemudian
dikaitkan dengan cita-cita Proklamasi, falsafah bangsa dan negara INDONESIA, dan kepentingan
nasional.
b. Terangkan hukum yang dipergunakan sebelum lahirnya ko nsePancasilai WANUS!
Dari pengertian Archipelago:
1. suatu kesatuan wilayah y/ batasnya ditentukan o/ laut dan di dalamnya terdapat pulau serta
gugusan pulau
2. gugusan pulau dengan perairan di antaranya sebagai kesatuan utuh dengan unsur air sebagai
penghubung.
Jelaskan tujuan WANUS ke luar dan ke dalam?
Ke dalam: mewujudkan kesatuan dalam segenap kehidupan baik aspek alamiah maup un aspek sosial
- aspek alamiah (TRIGATRA):
gatra letak geografi pada posisi silang
gatra keadaan dan kekayaan alam
gatra keadaan dan kemampuan penduduk
- aspek sosial (PANCAGATRA):
1. gatra ideologi
2. gatra politik
3. gatra ekonomi
4. gatra sosbud
5. gatra hankam
Ke luar: ikut serta mewujudkan kebahagiaan, ketertiban, dan p erdamaian seluruh u mat manusia.
Berikan gambaran perjuangan perolehan pengakuan konsePancasilai WANUS di forum internasional? [hal 87]
a. Apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional?
kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju
kejayaan bangsa dan negara.
b. Tunjukkan pentingnya ketahanan nasional dalam pembangunan nasional!
Ketahanan nasional akan mendorong pemb angunan nasional.
Samakah ketahanan nasional dengan kekuatan militer! Jelaskan?
Tidak. Kondisi dIndonesiamis yang merupakan integrasi dan kondisi tiap-tiap aspek kehidupan
bangsa dan negara.
Penyelenggaraan pembangunan nasional mengacu pada kaidah penuntun yang merupakan pedoman bagi
penentuan kebijaksanaan pembangunan nasional agar senantiasa sesuai dengan landasan, makna dan
hakikat, asas, wawasan dan tujuannya yang merupakan pengamalan semua sila PANCASILA dan sebagai
kesatuan utuh. Coba sebutkan beberapa kaidah penuntun itu! [hal 90 – 91]
Mengapa PJP dikatakan merupakan landasan bagi PELITA?
Karena PJP d ilaksanakan secara bertahap dan sambung menyambung yang setiap tahapnya berjangka lima
tahun.
Tunjukkan tujuan ganda tahap pembangunan yang selalu sama!
meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan seluruh rakyat; meletakkan landasan y/ kuat untuk tahap
berikutnya.
Jelaskan sasaran REPELITA I – VI!
REPELITA I: sektor pertanian dan industri yang mendukung sektor pertanian.
REPELITA II: sektor p ertanian dengan meningkatkan ind ustri yang mengolah bahan mentah menjadi
baku.
REPELITA III: pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri yang mengolah baku
– jadi.
REPELITA IV: pertanian – swasembada – tingkatkan industri yang menghasilkan mesin industri.
REPELITA V: kekuatan indu stri yang did uku ng oleh sektor pertanian yang kuat.
REPELITA dibuat dengan keputusan Presiden.
Mengapa ditetapkan dengan KEPPRES dan bukan dengan UU?
Karena REPELITA diusulkan dan dirancang oleh Pemerintah. (itu juga kali)
Kapan mulai dilaksanakan REPELITA VI? 1/4/199 4
Kapan akan berakhirnya REPELITA VI? 31/3/1999
Berikan co ntoh tidak baik nya:
Free fight liberalism Sistem free fight liberalism yang menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan
bangsa lain yang dalam sejarahnya di INDONESIA telah menimbulkan dan mempertahankan
kelemahan struktural p osisi INDONESIA dalam ekonomi dunia.
Sistem etatisme dalam mana negara beserta Aparatur ekonomi negara yang bersifat domIndonesian
serta mend esak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
Pemusatan kekuatan eko p d satu kelompok dlm btk monopoli & monoPancasilaoni y/ merugikan
masyarakat.
Dalam pelaksanaan pembangunan nasio nal dikenal TRILOGI Pembangunan yang urutannya tidak sama untuk
tiap REPELITA.
Sebutkan urutan TRILOGI Pembangunan REPELITA VI? (RES)
1. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya y/ menuju terciptanya keadilan sosial bagi seluru h
rakyat INDONESIA.
2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
3. Stabilitas nasional yang sehat dan dIndonesiamis.
Apakah urutan TRILOGI Pembangunan pada REPELITA I sama d engan p ada REPELITA VI? Jelaskan
jawaban anda? tentu tidak [SER].
Mengapa dikatakan b ahwa dalam PJP II, masyarakat INDONESIA akan menghadapi banyak p erubahan yang
mengandung peluang dan kendala?
Karena kemajuan yang telah d icapai dalam PJP I
Kemajuan pesat IPTEK
Pengaruh globalisasi.
Apa masalah yang masih harus diselesaikan dalam PJP II?
Upaya untuk lebih memeratakan pembangunan serta menghilangkan kemiskIndonesian dan keterbelakangan
Penataan p eran ketiga pelaku ekonomi, terutama peranan koperasi
Perhatian secara khusus kepada pembIndonesiaan usaha golongan masyarakat yang berkemampuan lemah
Terangkan apa yang menjadi tujuan, sasaran umum, titik berat, dan sasaran bidang PJP II?
Tujuan PJP II: mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin.
Sasaran Umum PJP II: terciptanya kualitas manusia dan masyarakat INDONESIA yang maju dan
mandiri dalam suasana tentram dan sejahtera lahir dan batin dalam tata kehidupan masyarakat, bangsa
dan negara yang berdasarkan PANCASILA.
Titik Berat PJP II: bidang ekonomi yang merupakan penggerak utama pemb angunan seiring dengan
kualitas SDM dan did orong secara saling memperkuat, saling terkait dan terpadu dengan p embangunan
bidang lainnya.
Sasaran bidang PJP II:
- Ekonomi: terciptanya perekonomian yang mand iri dan andal sebagai usaha bersama atas asas
kekeluargaan, Demokrasi ekonomi yang berdasarkan PANCASILA dan UUD 45.
- KESRA, Pendidikan dan Kebudayaan:
- Agama dan kepercayaan thd Tuhan YME:
- IPTEK: tercapainya kemampuan nasio nal d alam pemanfaatan, pengembangan dan penguasaan
IPTEK.
- Hukum: terbentuk dan berfungsinya sistem hukum nasional yang mantap.
- Politik, Aparatur negara, penerangan, komunikasi d an media massa: terciptanya dan
berfungsinya tatanan kehidupan politik yang konstitusional; Aparatur negara yang bersih
bertanggung jawab, penuh pengabdian dan profesional; penyelenggaraan penerangan,
komunikasi dan media massa yang mamp u menggugah peran serta masyarakat dan
meningkatkan kualitas Demokrasi.
- HANKAM: terwujudnya kekuatan dan kemampuan pertahanan keamanan negara dengan daya
tangkal yang tangguh berdasarkan sistem HANKAMRATA.
Terangkan mengenai PANCASILA sebagai satu-satunya asas? nu penting mah ngan hiji.
Sebutkan ciri posiutif yang perlu dipupuk dan dikembangkan secara berkesIndonesiambungan dalam hal
pelaksanaan Demokrasi Ekonomi seperti yang digariskan GBHN berdasarkan pasal 33 dan 34 UUD 45?
Demokrasi ekonomi mempunyai ciri-ciri positif seperti tercantum pada pasal 33 dan 34 UUD 45 sbb:
Perekonomian disusun seb agai usaha bersama atas asas kekeluargaan.
Caban g-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hid up orang banyak
dikuasai oleh negara.
Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan
untuk sebesar-besarnya kemakmuran rak yat.
Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
Ciri-ciri positif Demokrasi Ekonomi:
Su mber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan permufakatan lembaga-lembaga
Perwakilan Rakyat, serta pengawasan thd kebijaksanaannya ada pada lembaga-lembaga Perwakilan
Rakyat pula.
Warga negara memiliki kebeb asan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak
akan penghidupan yang layak.
Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tdk boleh bertentangan dgn kepentingan masyarakat.
Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap WN diperkembangkan sepenuhnya dlm batas yang tidak
merugikan kepentingan umum.
Perekonomian daerah dikembangkan secara serasi dan seimbang antardaerah dalam satu kesatuan
perekonomian nasio nal dengan mend ayagu nakan potensi dan peran serta daerah secara optimal
dalam rangka p erwujudan WANUS dan HANNAS.
Jelaskan tentang kondisi awal memasuki PELITA VI? [hal 98 – 99]
Apakah tujuan PELITA VI, sasaran umum, prioritas sasaran bidang kesra, dikbud dan ip tek?
Tujuan PELITA VI:
menumbuhkan sikap dan tekad kemandirian dalam rangka meningkatkan kualitas SDM untu k
mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin yang lebih selaras, adil dan merata
meletakkan landasan pembangunan yang mantap bagi tahap pembangunan berikutnya.
Sasaran Umu m PELITA VI:
- Tumbuhnya sikap kemandirian dalam diri manusia dan masyarakat INDONESIA.
- Peningkatan peran serta, effisiensi dan produktivitas rakyat.
- Peningkatan taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan.
Prioritas PELITA VI: bidang ekonomi dengan keterkaitan antara industri dan pertanian serta bidang
pembangunan lain nya seiring peningkatan SDM.
Sasaran PELITA VI: pemantapan bid industri; diversifikasi pertanian; koperasi; perdagangan; pemerataan
serta penin gkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
Kebijaksanaan PELITA VI: [terdiri dari 45 butir (hal 102 – 107)].
Kebijaksanaan PELITA VI terdiri atas 45 butir. Bagaimana kebijaksanaan pembangunan bid kep? [102-107]
GBHN ditetpkan oleh … dan dilaksanakan oleh … . Untuk melaksanaankan GBHN, Presiden menetapkan …
dalam bentuk KEPPRES. Berhasilnya pembnagunan tergantun g kepad a peran aktif … dan sikap mental
serta disiplin para … serta …
Pelaksanaan PELITA memerlukan biaya.
a. Dari mana biaya d apat diperoleh?
b. Apakah bentuk hukum RAPBN?
Jelaskan apa yang dimaksud dengan DWI fungsi ABRI?
Sebut Pancakrida Kabinet Pembangu nan VI?
Melanjutkan, meningkatkan, memperdalam dan memperluas pembangunan nasional sbg pengamalan
PANCASILA y/ bertu mpu pd TRILOGI pembangunan, berwawasan Nusantara u/ memperkuat
ketahanan nasional dan tekad disiplin.
Meningkatkan disiplin nasional y/ dipelopori o/ Aparatur negara menuju terwujudnya pemerintah y/ bersih
dan berwibawa dlm memberikan pelayanan pd rakyat INDONESIA.
Membudayakan mekanisme kepemimpIndonesian nasional berdasarkan UUD 45, ideologi PANCASILA,
Demokrasi PANCASILA, Ekaprasetia Pancakarsa dlm kehidupan bernegara, berbangsa dan
bermasyarakat.
Melaksanakan politik luar negri y/ bebas dan aktif berdasarkan prinsip hidup berdampingan scr damai dlm
hubungan bilateral, regional dan glo bal u/ kepentingan pembangunan nasional.
Melaksanakan pemilihan umum y/ langsung, umum, bebas dan rahasia dlm tahun 199 7.
Jelaskan mengenai Demokrasi PANCASILA: [110-112]
a. Upaya menyelesaikan masalah
b. Sistem pengorganisasian negara
c. Paham yang dianut
d. Kebebasan individu tidak bersifat mutlak
e. Tidak akan terjadinya domIndonesiasi mayoritas maup un tirani minoritas
d. Aspek -aspek yang dikandung dalam Demokrasi PANCASILA.
Soal CPNS, SOAL 3,
02.58
Bocah Suwung