Soal CPNS, SOAL 3,

SOAL 3

a.  Jelaskan hubungan antara Proklamasi – Tujuan Nasional – GBHN!
PANCASILA, UUD 45  dan GBHN :  GBHN disusun berdasarkan landasan  idiil PANCASILA dan
landasan  Konstitusional/struktural  UUD  4 5.  Dengan  demikian  GBHN  merupakan  landasan
oprasionalnya.
b.  Jelaskan hubungan antara pasal 3 UUD 45 dengan GBHN!
Landasan hukum GBHN ialah pasal 3 yang menetapkan bah wa MPR menetapkan GBHN.
c.  Bagaimana hubungan antara ORBA dengan GBHN?

a.  Apakah fungsi PANCASILA dan UUD 45 bagi GBHN?
GBHN  disusun berdasarkan  landasan  idiil PANCASILA d an  landasan  konstitusional/struktural  UUD
45.
b.  Dalam kaitan ini apa fungsi GBHN itu sendiri?
GBHN merupakan landasan oprasionalnya.

Terangkan mengenai p engertian, maksud dan tujuan GBHN?
Pengertian:  adl  suatu  haluan  negara  ttg  pembangunan  nasional  dlm  garis-garis  besar  sbg  pernyataan
kehendak  rakyat  dan  y/  hakekatnya  merupakan  Pola  Umum  Pembangunan  Nasio nal  y/  merupakan
rangkaian  program  pembangunan  y/  menyeluruh,  terarah,  terpadu  dan  berlangsung  terus  menerus  u/
mewujudkan tujuan nasional.
Maksud: u/ memberikan arah bagi perjuangan bgs INDONESIA dlm mengisi kemerdekaannya.
Tujuan: u/ mewujud kan kondisi y/ diinginkan baik dlm jangka sedang lima tahun  maupun dlm  jangka
panjang 25 tahun, sehingga bertahap cita-cita b gs  seperti  y/ tercantum dlm Pembukaan UUD 45  yaitu
masyarakat y/ adil dan makmur dpt terwujud.

a.  Bagaimana cara rakyat diikusertakan dalam proses penyusunan GBHN? [hal 72 – 78]
b.  Berikan gambaran lengkap mengenai proses penyusunan GBHN Th 73, 78, 83 dan 1988? [hal 72 – 78]
c.  Bagaimana proses penyusunan GBHN 1993-1998? [hal 72 – 78]

Mengapa pada periode 1945-1949 INDONESIA tidak memiliki GBHN?
Karena suasana diliputi oleh perjuangan melawan dan mengusir penjajah.

Pada masa  ORLA (1959-1965),  INDONESIA dikatakan  memiliki GBHN.  Apa  yang dimak sud  dengan GBHN
waktu itu?
Pidato  Presiden  Soekarno   tgl  17  Agu stus  19 59  yang  berjudul  ‘Penemuan  Kembali  Revolusi  Kita’  (The
Rediscovery of Our Revolution) yang dikenal dengan Manifesto Politik.

Pada masa ORBA, khususnya p ada tahun 19 68, MPRS tidak berhasil membuat GBHN.
Mengapa?
Karena persiapan kurang masak dan MPRS hanya berhasil memilih Presiden untuk masa jabatan 1968-
1973 dan mand at untuk melaksanakan PEMILU selambatnya tahun 1971.
Apa respon pemerintah thd pengalaman tsb dalam menghad api SIUM MPR Th 1973?
Presiden mengambil prakarsa untuk membantu MPR dengan menyiapkan bahan GBHN.

a.  Kapan INDONESIA mulai memiliki GBHN yang menyeluruh dan terpadu?   tahun 1973
b.  Kapan INDONESIA mulai memiliki REPELITA?   1 April 1969 – 31 Maret 1974
c.  Sebut REPELITA-REPELITA berikutnya lengkap dengan tgl mulai d an berakhirnya!
1/4/1969-31/3/1 974 ; 74-79; 79-84; 84-89; 89-94; 94-99

Bandingkan sistematika GBHN 1988-1 993 dengan GBHN 1993-19 98!
Sistematika GBHN 1988-1993
BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : POLA DASAR PEMBANGUNAN NASIONAL
BAB III : POLA UMUM PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG
BAB IV : POLA UMUM PEMBANGUNAN LIMA TAHUN KELIMA
BAB V : PENUTUP


Sistematika GBHN 1993-1998
BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : PEMBANGUNAN NASIONAL

BAB III : PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG KEDUA
BAB IV : PEMBANGUNAN LIMA TAHUN KEENAM
BAB V : PELAKSANAAN
BAB VI : PENUTUP

GBHN 1993-1998 memp unyai arti khusus dan strategis. Mengapa disebut demikian?
Karena  merupakan  tahapan  pertama  pembangunan  jangka  p anjang  25  tahun  kedua  dan  sekaligus
merintis  serta  mempersiapkan  proses  tinggal  landas  pembangunan  nasional  sebagai  pengamalan
PANCASILA.

Pembangunan  nasional  yang  berdasarkan  PANCASILA  dan  UUD  45  pada  hakekatnya  ad alah  pembangunan
manusia  INDONESIA seutuhnya  dan  pembangunan seluruh  masyarakat  INDONESIA.  Terangkan  makna
pernyataan itu!
Membang un secara serasi keseluruhan unsur manusia tersebut dengan tidak boleh berat sebelah.

Apakah tujuan pembangunan nasional seperti yang d igariskan GBHN?
Tujuan  Pembangunan Nasional    mewujudkan  masyarakat  maju,  ad il  dan  makmur  materiil  dan spirituil
berdasarkan PANCASILA dan UUD 45 .
Mewujudkan  suatu  masyarakat  adil  dan  makmur  yang  merata  materiil  dan  spirituil  berdasarkan 
PANCASILA dan UUD.
Di dalam wadah negara Kesatuan RI yang Merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat.
Dalam suasana perikehidupan b angsa yang aman, tentram, tertib dan d Indonesiamis.
Dalam lingkungan pergaulan dunia yang Merdeka, bersahabat, tertib dan damai.

a.  Sebut 11 asas pemban gunan nasional yang dikemukakan GBHN 1993-1998!
- Asas keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME.
- Asas manfaat.
- Asas Demokrasi PANCASILA.
- Asas adil dan merata.
- Asas keseimbangan, keserasian dan keselarasan dalam perikehidupan.
- Asas hukum.
- Asas kemandirian.
- Asas kejuangan.
- Asas ilmu pengetahuan dan teknologi.
b.  Sebut 11 MODAS dan 8 faktor domIndonesiannya!
Modal Dasar:
- Kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negara INDONESIA.
- Jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
- Wilayah Nusantara yang luas dan berkedudukan di katulistiwa pada posisi silang.
- Kekayaan alam yang beraneka ragam.
- Penduduk yang besar jumlahnya sebagai SDM yang potensial.
- Rohaniah  dan  mental  yaitu  keimanan  dan  ketakwaan  terhadap  Tuhan  YME  serta  falsafah
PANCASILA.
- Budaya bangsa yang telah berkembang sepanjang sejarah bangsa yang b ercirikan kebhinekaan
dan keekaan.
- Potensi dan kekuatan efektif bangsa, yakni segala sesuatu yang bersifat po tensial dan produktif
yang telah menjadi milik bangsa termasuk kekuatan Parpol.
- ABRI sebagai kekuatan HANKAM dan kekuatan SOSPOL yang tumbuh dari rakyat.
Faktor DomIndonesian:
- Kependudukan dan sosial budaya.
- Wilayah yang bercirikan kepulauan dan kelautan dengan lingkungan dan alam tropiknya.
- SDA yang beraneka ragam termasuk flora dan fauna.
- Kualitas manusia d an masyarakat Indonesia.
- Disiplin nasional
- Manajemen nasional.
- Perkembangan  regional  dan  global  serta  tahanan  internasional  yang  selalu  berubah  secara
dIndonesiamis.
- KemungkIndonesian pengembangan.

Mengapa  kemerdekaan  dan  kedaulatan  bangsa  dikategorikan  sebagai  modal  dasar  pertama  dan  utama  dalam
pembangunan nasional?
Karena tanpa mempunyai kedaulatan kita kagak bisa membangun.

Mengapa  jumlah  penduduk  yang  sangat  besar dianggap  sebagai salah satu  modal dasar, sedangkan  dewasa  ini
rakyat  dianjurkan  mengikuti  program  KB?  Bagaimana  upaya  kita  agar  jumlah  pendud uk  yang  besar  itu
bermanfaat sebagai modal pembangunan?
Karena SDM adalah pelaku pembangunan, sedangkan KB hanya program kesejahteraan.

a.  Apakah sebenarnya hakekat/inti pokok dari konsePancasilai WANUS?
Wawasan Nusantara: wawasan = wawas: pandangan, visie, outlook, atau keyakIndonesian   wawasan 
yang memandang rakyat, bangsa, negara sebagai satu kesatuan yang utuh.
b.  Sebutkan cakupan konsePancasilai WANUS!
(POLEKSOSBUDHANKAM).
Jelaskan pentingnya WANUS d alam pembangunan nasional?
Memperkuat rasa kekeluargaan dan kebersamaan dalam dalam persatuan.
Apa yang dimaksud dengan ZEE?
Wilayah laut sejauh 200 mil dihitung dari garis pangkal wilayah teritorial.

a.  Berikan gambaran sejarah mengenai gagasan WANUS!
Berp angkal  tolak  d ari  pengertian  Archipelago  menurut  hukum  internasional,  yang  kemudian
dikaitkan dengan  cita-cita Proklamasi,  falsafah  bangsa  dan  negara  INDONESIA,  dan  kepentingan 
nasional.
b.  Terangkan hukum yang dipergunakan sebelum lahirnya ko nsePancasilai WANUS!
Dari pengertian Archipelago:
1. suatu  kesatuan  wilayah  y/  batasnya  ditentukan  o/  laut  dan  di  dalamnya  terdapat  pulau  serta
gugusan pulau
2. gugusan  pulau  dengan perairan di  antaranya sebagai  kesatuan  utuh  dengan unsur air sebagai
penghubung.

Jelaskan tujuan WANUS ke luar dan ke dalam?
Ke dalam: mewujudkan kesatuan dalam segenap kehidupan baik aspek alamiah maup un aspek sosial
- aspek alamiah (TRIGATRA):
gatra letak geografi pada posisi silang
gatra keadaan dan kekayaan alam
gatra keadaan dan kemampuan penduduk
- aspek sosial (PANCAGATRA):
1. gatra ideologi
2. gatra politik
3. gatra ekonomi
4. gatra sosbud
5. gatra hankam
Ke luar: ikut serta mewujudkan kebahagiaan, ketertiban, dan p erdamaian seluruh u mat manusia.

Berikan gambaran perjuangan perolehan pengakuan konsePancasilai WANUS di forum internasional? [hal 87]

a.  Apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional?
kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat  menjamin kelangsungan hidupnya menuju 
kejayaan bangsa dan negara.
b.  Tunjukkan pentingnya ketahanan nasional dalam pembangunan nasional!
Ketahanan nasional akan mendorong pemb angunan nasional.
Samakah ketahanan nasional dengan kekuatan militer! Jelaskan?
Tidak.    Kondisi  dIndonesiamis  yang  merupakan  integrasi  dan  kondisi  tiap-tiap  aspek  kehidupan 
bangsa dan negara.

Penyelenggaraan  pembangunan  nasional  mengacu  pada  kaidah  penuntun  yang  merupakan  pedoman  bagi
penentuan  kebijaksanaan  pembangunan  nasional  agar  senantiasa  sesuai  dengan  landasan,  makna  dan
hakikat, asas,  wawasan dan tujuannya  yang  merupakan  pengamalan semua  sila  PANCASILA dan sebagai
kesatuan utuh. Coba sebutkan beberapa kaidah penuntun itu! [hal 90 – 91]



Mengapa PJP dikatakan merupakan landasan bagi PELITA?
Karena PJP d ilaksanakan  secara bertahap  dan sambung  menyambung yang setiap  tahapnya berjangka  lima
tahun.

Tunjukkan tujuan ganda tahap pembangunan yang selalu sama!
meningkatkan  taraf  hidup  dan  kesejahteraan  seluruh  rakyat;  meletakkan  landasan  y/  kuat  untuk  tahap 
berikutnya.

Jelaskan sasaran REPELITA I – VI!
REPELITA I: sektor pertanian dan industri yang mendukung sektor pertanian.
REPELITA  II:  sektor p ertanian dengan  meningkatkan  ind ustri  yang  mengolah  bahan mentah menjadi
baku.
REPELITA III: pertanian menuju  swasembada pangan dan meningkatkan industri yang mengolah baku 
– jadi.
REPELITA IV: pertanian – swasembada – tingkatkan industri yang menghasilkan mesin industri.
REPELITA V: kekuatan indu stri yang did uku ng oleh sektor pertanian yang kuat.

REPELITA dibuat dengan keputusan Presiden.
Mengapa ditetapkan dengan KEPPRES dan bukan dengan UU?
Karena REPELITA diusulkan dan dirancang oleh Pemerintah. (itu juga kali)
Kapan mulai dilaksanakan REPELITA VI?   1/4/199 4
Kapan akan berakhirnya REPELITA VI?   31/3/1999

Berikan co ntoh tidak baik nya:
Free fight liberalism Sistem  free fight liberalism  yang menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan 
bangsa  lain  yang  dalam  sejarahnya  di  INDONESIA  telah  menimbulkan  dan  mempertahankan 
kelemahan struktural p osisi INDONESIA dalam ekonomi dunia.
Sistem   etatisme   dalam  mana  negara  beserta  Aparatur  ekonomi  negara  yang  bersifat  domIndonesian 
serta mend esak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
Pemusatan  kekuatan  eko  p d  satu  kelompok  dlm  btk           monopoli  &  monoPancasilaoni   y/  merugikan 
masyarakat.

Dalam  pelaksanaan  pembangunan nasio nal dikenal TRILOGI  Pembangunan yang urutannya  tidak sama  untuk 
tiap REPELITA.
Sebutkan urutan TRILOGI Pembangunan REPELITA VI? (RES)
1. Pemerataan  pembangunan  dan  hasil-hasilnya  y/  menuju  terciptanya  keadilan  sosial  bagi  seluru h
rakyat INDONESIA.
2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
3. Stabilitas nasional yang sehat dan dIndonesiamis.
Apakah  urutan  TRILOGI  Pembangunan  pada  REPELITA  I  sama  d engan  p ada  REPELITA  VI?  Jelaskan
jawaban anda?   tentu tidak [SER].

Mengapa  dikatakan b ahwa dalam PJP II, masyarakat INDONESIA  akan menghadapi  banyak p erubahan  yang 
mengandung peluang dan kendala?
Karena kemajuan yang telah d icapai dalam PJP I
Kemajuan pesat IPTEK
Pengaruh globalisasi.

Apa masalah yang masih harus diselesaikan dalam PJP II?
Upaya untuk lebih memeratakan pembangunan serta menghilangkan kemiskIndonesian dan keterbelakangan
Penataan p eran ketiga pelaku ekonomi, terutama peranan koperasi
Perhatian secara khusus kepada pembIndonesiaan usaha golongan masyarakat yang berkemampuan lemah

Terangkan apa yang menjadi tujuan, sasaran umum, titik berat, dan sasaran bidang PJP II?
Tujuan PJP II: mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin.
Sasaran  Umum  PJP  II:  terciptanya  kualitas  manusia  dan  masyarakat  INDONESIA  yang  maju  dan 
mandiri dalam suasana tentram dan sejahtera lahir  dan batin dalam tata  kehidupan  masyarakat, bangsa
dan negara yang berdasarkan PANCASILA.
Titik  Berat  PJP  II:  bidang  ekonomi  yang  merupakan  penggerak  utama  pemb angunan  seiring  dengan
kualitas SDM dan did orong secara saling memperkuat, saling terkait dan terpadu dengan p embangunan 
bidang lainnya.

Sasaran bidang PJP II:
- Ekonomi:  terciptanya perekonomian  yang mand iri  dan andal sebagai usaha bersama atas  asas
kekeluargaan, Demokrasi ekonomi yang berdasarkan PANCASILA dan UUD 45.
- KESRA, Pendidikan dan Kebudayaan:
- Agama dan kepercayaan thd Tuhan YME:
- IPTEK: tercapainya kemampuan nasio nal d alam pemanfaatan, pengembangan dan penguasaan
IPTEK.
- Hukum: terbentuk dan berfungsinya sistem hukum nasional yang mantap.
- Politik,  Aparatur  negara,  penerangan,  komunikasi  d an  media  massa:  terciptanya  dan 
berfungsinya  tatanan  kehidupan  politik  yang  konstitusional;  Aparatur  negara  yang  bersih 
bertanggung  jawab,  penuh  pengabdian  dan  profesional;  penyelenggaraan  penerangan,
komunikasi  dan  media  massa  yang  mamp u  menggugah  peran  serta  masyarakat  dan
meningkatkan kualitas Demokrasi.
- HANKAM: terwujudnya kekuatan dan kemampuan pertahanan keamanan negara dengan daya
tangkal yang tangguh berdasarkan sistem HANKAMRATA.

Terangkan mengenai PANCASILA sebagai satu-satunya asas?   nu penting mah ngan hiji.

Sebutkan  ciri  posiutif  yang   perlu  dipupuk  dan  dikembangkan  secara  berkesIndonesiambungan  dalam  hal
pelaksanaan Demokrasi Ekonomi seperti yang digariskan GBHN berdasarkan pasal 33 dan 34 UUD 45?
Demokrasi ekonomi mempunyai ciri-ciri positif seperti tercantum pada pasal 33 dan 34 UUD 45 sbb:
Perekonomian disusun seb agai usaha bersama atas asas kekeluargaan.
Caban g-cabang  produksi  yang  penting  bagi  negara  dan  yang  menguasai  hajat  hid up  orang  banyak
dikuasai oleh negara.
Bumi,  air  dan  kekayaan  alam  yang  terkandung  di  dalamnya  dikuasai  oleh  negara  dan  dipergunakan
untuk sebesar-besarnya kemakmuran rak yat.
Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
Ciri-ciri positif Demokrasi Ekonomi:
Su mber-sumber  kekayaan  dan  keuangan  negara  digunakan  dengan  permufakatan  lembaga-lembaga
Perwakilan Rakyat, serta pengawasan thd kebijaksanaannya ada pada lembaga-lembaga Perwakilan 
Rakyat pula.
Warga negara  memiliki  kebeb asan  dalam  memilih  pekerjaan  yang  dikehendaki  serta  mempunyai  hak
akan penghidupan yang layak.
Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tdk boleh bertentangan dgn kepentingan masyarakat.
Potensi,  inisiatif  dan  daya  kreasi  setiap  WN  diperkembangkan  sepenuhnya  dlm  batas  yang  tidak
merugikan kepentingan umum.
Perekonomian  daerah  dikembangkan  secara  serasi  dan  seimbang  antardaerah  dalam  satu  kesatuan
perekonomian  nasio nal  dengan  mend ayagu nakan  potensi  dan  peran  serta  daerah  secara  optimal
dalam rangka p erwujudan WANUS dan HANNAS.

Jelaskan tentang kondisi awal memasuki PELITA VI?   [hal 98 – 99]

Apakah tujuan PELITA VI, sasaran umum, prioritas sasaran bidang kesra, dikbud dan ip tek?
Tujuan PELITA VI:
menumbuhkan  sikap  dan  tekad  kemandirian  dalam  rangka  meningkatkan  kualitas  SDM  untu k
mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin yang lebih selaras, adil dan merata
meletakkan landasan pembangunan yang mantap bagi tahap pembangunan berikutnya.
Sasaran Umu m PELITA VI:
- Tumbuhnya sikap kemandirian dalam diri manusia dan masyarakat INDONESIA.
- Peningkatan peran serta, effisiensi dan produktivitas rakyat.
- Peningkatan taraf hidup, kecerdasan dan kesejahteraan.
Prioritas  PELITA  VI:  bidang  ekonomi  dengan  keterkaitan  antara  industri  dan  pertanian  serta  bidang
pembangunan lain nya seiring peningkatan SDM.
Sasaran  PELITA  VI:  pemantapan  bid  industri;  diversifikasi  pertanian; koperasi;  perdagangan; pemerataan
serta penin gkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
Kebijaksanaan PELITA VI: [terdiri dari 45 butir (hal 102 – 107)].




Kebijaksanaan PELITA VI terdiri atas 45 butir. Bagaimana kebijaksanaan pembangunan bid kep? [102-107]

GBHN  ditetpkan  oleh …  dan  dilaksanakan  oleh …  .  Untuk  melaksanaankan GBHN,  Presiden  menetapkan … 
dalam  bentuk  KEPPRES.  Berhasilnya  pembnagunan  tergantun g  kepad a  peran  aktif  …  dan  sikap  mental
serta disiplin para … serta …

Pelaksanaan PELITA memerlukan biaya.
a. Dari mana biaya d apat diperoleh?
b. Apakah bentuk hukum RAPBN?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan DWI fungsi ABRI?

Sebut Pancakrida Kabinet Pembangu nan VI?
Melanjutkan,  meningkatkan,  memperdalam  dan  memperluas  pembangunan  nasional  sbg  pengamalan
PANCASILA  y/  bertu mpu  pd  TRILOGI  pembangunan,  berwawasan  Nusantara  u/  memperkuat
ketahanan nasional dan tekad disiplin.
Meningkatkan disiplin nasional  y/  dipelopori o/ Aparatur  negara  menuju  terwujudnya pemerintah y/ bersih
dan berwibawa dlm memberikan pelayanan pd rakyat INDONESIA.
Membudayakan  mekanisme  kepemimpIndonesian  nasional  berdasarkan  UUD  45,  ideologi  PANCASILA,
Demokrasi  PANCASILA,  Ekaprasetia  Pancakarsa  dlm  kehidupan  bernegara,  berbangsa  dan
bermasyarakat.
Melaksanakan politik luar negri  y/  bebas  dan aktif  berdasarkan prinsip hidup berdampingan scr damai dlm
hubungan bilateral, regional dan glo bal u/ kepentingan pembangunan nasional.
Melaksanakan pemilihan umum y/ langsung, umum, bebas dan rahasia dlm tahun 199 7.

Jelaskan mengenai Demokrasi PANCASILA: [110-112]
a. Upaya menyelesaikan masalah
b. Sistem pengorganisasian negara
c. Paham yang dianut
d. Kebebasan individu tidak bersifat mutlak
e. Tidak akan terjadinya domIndonesiasi mayoritas maup un tirani minoritas
d. Aspek -aspek yang dikandung dalam Demokrasi PANCASILA.